Upgrade karirmu

Jadi web developer
hanya dalam 10 bulan

Ikuti program pertama di Indonesia dan belajar
dengan harga spesial
Portofolio dari
kasus nyata
Bantuan untuk
cari pekerjaan
Online & waktu fleksibel
Dari nol

Kursus ini cocok untuk siapa?

Kamu ingin
berganti karir
Yang ingin tingkatkan kualitas resume dengan skill baru
Coba dulu dan tentukan pilihanmu
Kamu ingin
berganti karir
Yang ingin tingkatkan kualitas resume dengan skill baru
Coba dulu dan
tentukan pilihanmu
Kalau “keren” saja tidak cukup membuatmu termotivasi, kami jelaskan mengapa ia keren: kemampuan pengembangan web sedang banyak diminati di seluruh dunia, dengan bayaran yang tinggi pula. Karena setiap bisnis perlu website.
Kenapa pilih pengembangan web?

Mari kita lihat masa depanmu

Jabatan bergengsi
Web Developer
Front-end Developer
Software Developer
Tugas-tugas menarik
— Mengubah layout desain menjadi situs web dan memastikan mereka tampak dan berfungsi baik di semua perangkat
— Menulis kode HTML, CSS, dan JavaScript untuk mengembangkan situs dan aplikasi web
— Membuat interface ramah pengguna dengan React, perpustakaan front-end JavaScript
— Membangun aplikasi sisi server menggunakan pengetahuan dasar tentang pengembangan back-end
— Membantu perusahaan berkembang dan menyenangkan pengguna
Skill yang relevan untuk pasar kerja modern
HTML
CSS
GitHub
Node.js
JavaScript
React
Bash
Express.js
MongoDB
Nginx
Rata-rata gaji bulanan di Indonesia ini diambil dari JobStreet, portal pekerjaan terbesar di Indonesia. Tapi, kamu bisa mendapatkan yang lebih baik.
Gaji tinggi dan prospek yang cerah
IDR 5.000.000
Junior web-developer begitu kursus selesai
IDR 16.000.000
Middle web-developer dalam setahun
IDR 20.000.000
Senior web-developer dalam 2 tahun

Ini masa depanmu bersama Practicum

Kami telah mendidik 5.000 pakar IT di AS, Eropa, Amerika Latin, dan Timur Tengah. Kini kami hadir dan siap membantu kamu memulai karir di perusahaan teknologi impianmu di Indonesia

...Dan rencana kerja 3 tahap kami

Tahap ini biasanya butuh waktu 1–3 bulan. Kami akan terus mencari sampai kamu menemukan perusahaan yang cocok denganmu. Alumni kami punya daya tawar yang tinggi dengan portofolio yang mereka miliki.
Dapatkan pekerjaan impian dan upgrade karirmu
Di tahap ini, kamu akan belajar tentang pasar kerja, mengenal perusahaan yang merekrut junior, dan persiapan untuk wawancara. Bersama, kita akan menentukan opsi terbaik agar kamu bisa membuat pilihan yang paling tepat.
Belajar cara representasi diri untuk mendapat tawaran kerja
Kamu akan mengerjakan berbagai studi kasus dari perusahaan resmi, menerima rekomendasi di LinkedIn, dan bisa mengisi akun GitHub kamu dengan berbagai proyek profesional yang dapat memukau calon pemberi kerja.
Bangun portofolio dan resume yang lebih kompetitif

Upgrade karirmu di bootcamp top-rated yang terpercaya di seluruh dunia

Kamu tidak perlu takut sendiri ketika mengalami masalah dengan kode, platform, maupun gangguan bug. Pakar industri profesional kami sudah terlatih untuk membimbing kamu di setiap jenjang kursus ini.

...Dengan dukungan dari tim yang siap mendampingi proses belajarmu

Selalu siap menjawab berbagai pertanyaan, mengingatkan kamu akan deadline, mengirimkan tautan ke video dan materi kuliah, atau sekedar mendengar dan memberi dukungan.
Community managers
Praktisi pengembangan web siap meninjau, menandai kesalahan, dan memberikan masukan dalam kode dan proyekmu.
Code reviewers
Tutor
Dengan pengalaman kerja diatas 3 tahun di perusahaan teknologi terkemuka, mereka akan mengajarimu cara menyelesaikan masalah apapun secara mandiri.
Support 24/7
Tim support siap membantumu mengatasi semua gangguan teknis setiap saat untuk mendukung kamu yang belajar pada malam hari atau berada di zona waktu lain.
Ini bukan tempat bersantai, namun tempat bekerja keras. Inilah kunci keberhasilan kami.

Dengan proses belajar yang dirancang untuk membuat kamu jadi seorang profesional

Cara kerja kami terdiri dari beberapa "sprint" sepanjang 2 hingga 3 minggu. Tiap sprint berisi serangkaian pelajaran dan tugas, serta satu proyek. Kamu bebas mengatur waktu saat sprint berlangsung, namun kamu harus tetap memenuhi deadline – sama seperti bekerja di kehidupan nyata.
Kami memilih sprint yang fokus, bukan maraton yang melelahkan
Pelajari topik studimu berdasar kasus nyata. Jangan takut bertanya! Kami siap membantumu sampai kamu benar-benar paham. Itu bukan tanda kamu tak mampu, tapi bukti bahwa pengembangan web memang tak mudah.
Teori berdasarkan contoh nyata
Setelah belajar teori, kamu bisa langsung mencoba praktik. Tulis kode, dapatkan timbal balik dengan cepat jika kamu salah, kemudian perbaiki kesalahanmu. Lalu ulangi lagi dan lagi. 650 dari 800 jam belajar di Practicum dipakai untuk praktik.
Latihan dengan simulator dalam proyek nyata
Mulai belajar sekarang
Coba platform pembelajaran kami dan tulis kode pertamamu
Gratis
Gratis
Sepanjang kursus ini, kamu akan membuat website dan aplikasi web seperti web developer sesungguhnya, yang akan kamu masukkan ke portfoliomu. Selain itu, kami juga rutin bekerja sama dengan klien yang bisa memberi murid kami kesempatan kerja nyata.

...Dengan portfolio yang benar-benar menunjukkan kemampuanmu

<
>
Inilah proyek kompleks pertamamu. Pengembangan web dimulai dari layout, sementara layout dimulai dari mempelajari HTML dan CSS.
Website satu halaman
Membuat dan menyiapkan back end
Di sini kamu akan menyiapkan server untuk memproses permintaan pengguna dan menyambungkan logika sisi server ke interface websitemu.
Membangun aplikasi foto dengan React
Sebuah aplikasi dengan fungsi seperti Instagram. Disitulah pengetahuan JavaScript kamu akan berguna untuk pertama kalinya.

Inilah proyek kompleks pertamamu. Pengembangan web dimulai dari layout, sementara layout dimulai dari mempelajari HTML dan CSS.
Website satu halaman
Membuat dan menyiapkan back end
Di sini kamu akan menyiapkan server untuk memproses permintaan pengguna dan menyambungkan logika sisi server ke interface websitemu.
Membangun aplikasi foto dengan React
Sebuah aplikasi dengan fungsi seperti Instagram. Disitulah pengetahuan JavaScript kamu akan berguna untuk pertama kalinya.

Kami selalu mengikuti perkembangan pasar dan mendesain program
agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja internasional.

Inilah program untuk upgrade karirmu

Kami selalu mengikuti perkembangan pasar dan mendesain program agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja internasional

Inilah program untuk upgrade karirmu

Kursus Pengantar — 1 minggu
Kursus pengantar ini akan menjelaskan lengkap dasar-dasar pengembangan web melalui pembahasan fondasi HTML dan CSS. Kamu akan melakukan ini dengan mengerjakan beberapa proyek mini di platform interaktif, termasuk sampul playlist dan halaman landing.
HTML dan CSS Lanjutan — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Di kursus ini, kamu akan memahami apa yang bisa dilakukan HTML dan CSS dengan mempelajari berbagai topik seperti flexbox, animasi, formulir, penempatan element, dan penyematan (embedding) konten media. Kamu juga akan mempelajari cara mengatur kode program dan menyusun proyek dengan menggunakan metode BEM, serta cara mengelola proyek dengan Git.
Desain Web Adaptif dan Mengatur Tata Letak — 3 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Di sini, kamu akan melihat spesifikasi desain yang digunakan oleh para pengembang web profesional dan cara mengubahnya menjadi situs web. Kamu juga akan membangun antarmuka dengan menggunakan teknologi Tata Letak Grid sekaligus memastikan situs web kamu terlihat bagus di semua perangkat, mulai dari komputer desktop sampai ponsel.
JavaScript Dasar dan Bekerja dengan Browser — 6 minggu
Di sini pemrograman benar-benar dimulai. Selami JavaScript dalam pembelajaran berbagai tipe data yang bisa kamu gunakan dan cara menggunakannya dengan pernyataan, pengulangan, dan fungsi. Lalu, terapkan teori dalam praktik untuk membuat situs web interaktif yang berfungsi penuh.
JavaScript Terapan — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Pada tahap ini, kita menyelami JavaScript lebih dalam dan memahami konsep terpenting yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang pengembang web. Kamu akan belajar tentang pemrograman berorientasi objek, kode asinkron, dan cara berinteraksi dengan server. Kamu juga akan diperkenalkan ke berbagai program yang digunakan untuk menggabungkan berkas proyek, menambahkan dependensi pihak ketiga, dan mengunggah proyekmu ke internet.
Membuat Antarmuka dengan React — 4 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Berkenalan dengan pustaka React dan ekosistemnya. Kamu akan memulai dengan membuat situs web yang terdiri dari komponen-komponen yang bisa digunakan kembali di tempat lain. Kemudian, kamu bisa menggunakan komponen ini untuk membangun antarmuka yang lebih kompleks dengan lebih cepat dan menulis kode program yang lebih mudah untuk dikelola.
Dasar-dasar Back-end untuk Pengembang Web — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Membangun sebuah aplikasi web berarti bekerja dengan server. Kamu akan belajar cara menggunakan Node. js, salah satu lingkungan runtime JavaScript, untuk menulis aplikasi di sisi server. Kamu akan menggunakan pengetahuan ini untuk menyiapkan server dan membuat API di sisi server untuk situs web yang kamu buat di kursus sebelumnya.
Proyek Akhir — 7 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Sekarang waktunya mempraktikkan semua yang telah kamu pelajari dalam kursus dan membuktikan bahwa kamu memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi seorang pengembang web. Kamu tidak perlu lagi menyelesaikan tugas atau mengerjakan pelajaran apa pun di platform interaktif. Ini seperti di kehidupan nyata. Kamu akan mendapat tugas dan tenggat waktu, tidak dibekali apa pun kecuali keterampilan, pengetahuan, dan mesin pencari.
Kursus Persiapan Karir (Opsional) — 5-12 minggu
Jika kamu ingin mendapatkan panduan tentang cara mendapatkan pekerjaan impianmu setelah menyelesaikan program utama, Kursus Persiapan Karir, yang tersedia setelah Sprint 9, memiliki semua informasi yang kamu butuhkan. Pertama, kamu harus melakukan beberapa persiapan dasar yang dibutuhkan sebelum bisa mulai melamar pekerjaan. Ini termasuk mempelajari cara menulis resume dan surat lamaran, membangun eksistensi online di LinkedIn dan GitHub, dan mengembangkan jejaring profesionalmu. Setelah selesai, kamu akan fokus pada berbagai tahapan proses lamaran kerja, mulai dari strategi mencari kerja, wawancara, hingga negosiasi tawaran.
Kursus pengantar — 1 minggu
Pengantar Kursus ini akan menjelaskan dengan lengkap dasar-dasar web pengembangan dengan membahas dasar-dasar HTML dan CSS. Kamu akan melakukan ini dengan mengerjakan beberapa proyek mini di platform interaktif, termasuk sampul daftar putar dan halaman arahan.
HTML dan CSS Lanjutan — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Di kursus ini, kamu akan menemukan aspek lengkap dari HTML dan CSS dengan mempelajari berbagai topik seperti flexbox, animasi, formulir, elemen penempatan, dan penyematan (embedding) konten media. Kamu juga akan mempelajari cara mengatur kode program dan menyusun proyek dengan menggunakan metode BEM, serta cara mengelola proyek dengan Git.
Desain Web Adaptif dan Mengatur Tata Letak — 3 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Di sini, kamu akan melihat spesifikasi desain yang digunakan oleh para pengembang web profesional dan cara mengubahnya menjadi situs web. Kamu juga akan membangun antarmuka dengan menggunakan teknologi Tata Letak Grid sekaligus memastikan situs web kamu terlihat bagus di semua perangkat, mulai dari komputer desktop sampai ponsel cerdas.
JavaScript Dasar dan Bekerja dengan Peramban — 6 minggu
Di sini pemrograman benar-benar dimulai. Benamkan dirimu sepenuhnya ke dalam JavaScript saat mempelajari berbagai tipe data yang bisa kamu gunakan dan cara menggunakannya dengan pernyataan, ikal, dan fungsi. Lalu, terapkan teori ke dalam praktik untuk membuat situs web interaktif yang sepenuhnya berfungsi.
JavaScript Terapan — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Pada tahap ini, di program, kita menyelami JavaScript lebih dalam dan menangani konsep utama yang perlu kita kuasai untuk menjadi seorang pengembang web. Kamu akan belajar tentang Pemrograman berorientasi-Objek, kode program asinkron, dan cara berinteraksi dengan server. Kamu juga akan diperkenalkan ke berbagai program yang digunakan untuk menggabungkan berkas proyek, menambahkan dependensi pihak ketiga, dan mengunggah proyekmu ke internet.
Membuat Antarmuka dengan React — 4 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Berkenalan dengan pustaka React dan ekosistemnya. Kamu akan memulai dengan membuat situs web yang terdiri dari komponen-komponen yang bisa digunakan kembali di tempat yang berbeda. Lalu kamu bisa menggunakan komponen ini untuk membangun antarmuka yang lebih kompleks dengan lebih cepat dan menulis kode program yang lebih mudah untuk dikelola.
Dasar-dasar Back-end untuk Pengembang Web — 6 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Membangun sebuah aplikasi web berarti bekerja dengan server. Kamu akan belajar cara menggunakan Node. js, salah satu JavaScript Runtime Environment, untuk menulis aplikasi di sisi server. Kamu akan menggunakan pengetahuan ini untuk menyiapkan server dan membuat API di sisi server untuk situs web yang kamu buat di kursus sebelumnya.
Proyek Akhir — 7 minggu
+1 proyek untuk portofoliomu

Sekarang waktunya untuk mempraktikkan semua yang telah kamu pelajari dalam kursus dan membuktikan bahwa kamu memiliki semua yang diperlukan untuk menjadi seorang pengembang web. Kamu tidak perlu lagi menyelesaikan tugas atau mengerjakan pelajaran apa pun di platform interaktif. Ini seperti di kehidupan nyata. Kamu memiliki tugas dan tenggat waktu, tidak dibekali apa pun kecuali keterampilan, pengetahuan, dan mesin pencari.
Kursus Persiapan Karir (Opsional) — 5-12 minggu
Jika kamu ingin mendapatkan panduan tentang cara mendapatkan pekerjaan impianmu setelah menyelesaikan program utama, Kursus Persiapan Karir, yang tersedia setelah Sprint 9, memiliki semua informasi yang kamu butuhkan. Pertama, kamu harus melakukan beberapa persiapan dasar yang dibutuhkan sebelum bisa mulai melamar pekerjaan. Ini termasuk mempelajari cara menulis resume dan surat lamaran, membangun eksistensi online di LinkedIn dan GitHub, dan mengembangkan jejaring profesional Anda. Setelah selesai, kamu akan fokus pada berbagai tahapan proses lamaran kerja, mulai dari strategi mencari kerja, wawancara, hingga negosiasi tawaran.

Inilah paket untuk upgrade karirmu

Skill yang dibutuhkan pasar
Portofolio berisi setidaknya 6 proyek
10 bulan pelatihan kerja nyata
Profesi baru dan ijazah
Komunitas web developers
Kepercayaan diri untuk upgrade karir
Harga dan pilihan pembayaran
Dengan cicilan kartu kredit sebanyak 10 kali
Bulanan
BAYAR LUNAS
Jadilah salah satu murid bootcamp Practicum pertama di Indonesia. Dan di antara salah satu yang belajar dengan setengah harga!

IDR 21.699.990
IDR 2.350.833
IDR 1.175.417
IDR 10.849.995
29 September
Tanggal mulai kursus

Inilah alasan mengapa kamu membuat keputusan yang tepat

Kamu tak akan buang waktu untuk pengetahuan yang tak relevan. Bootcamp Practicum dirancang oleh praktisi IT dengan pengalaman kerja lebih dari 20 tahun di bidangnya. Kami mengerti kebutuhan pasar teknologi dan menggunakan pengetahuan kami untuk melatih generasi developer selanjutnya.
Keahlian mendalam di bidang teknologi
Kamu tak akan belajar sendiri, namun juga dengan berkomunikasi dengan mentor dan manajer. Selama 10 bulan ini kamu akan dikelilingi sesama murid, alumni, dan profesional industri dari seluruh dunia yang siap membagikan pengalaman dan penawaran kerja untukmu.
Komunitas besar IT dari seluruh dunia

Testimoni
murid kami

<
>
Jenna Toff
Web Developer, Alumnus
Amerika Serikat
Aku sangat menyukai bagaimana kursus ini dirancang: materinya dibuat sangat menarik dan mudah dicerna, tidak seperti yang aku dapatkan saat aku belajar mandiri. Ada banyak lelucon dan permainan kata di dalamnya, yang membuat informasi jadi menyenangkan untuk dibaca.

Practicum memberikan hasil yang sesuai dengan investasi yang kamu berikan berkat adanya komunitas yang suportif, kesempatan untuk networking, dan juga kesempatan untuk membangun soft skill-mu. Kamu juga akan mempunyai tim yang akan bekerja denganmu, dan ada banyak orang yang bisa kamu hubungi kalau kamu merasa kesulitan atau punya pertanyaan: sekalipun jika itu tidak berhubungan langsung dengan materi yang sedang kamu pelajari. Kalau ada masalah, kamu bisa memberitahu staf dan masalah akan terselesaikan keesokan harinya. Kamu akan menerima feedback dari proyek dalam jangka waktu 24 jam, dan kamu mendapat kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kalau kamu tak langsung mengerjakan proyekmu dengan benar pada percobaan pertama.

Setelah menyelesaikan program utama, aku mengambil program 'career accelerator' yang mereka tawarkan. Ini membantu proses navigasi kerja lewat percakapan dengan orang yang dapat menunjukkan cara memperbaiki beberapa hal pada proses pencarian kerjamu.
Isabelle Cuisset
Web Developer, Murid
Britania Raya
Pada akhir tahun lalu, sebelum bergabung dengan Practicum, aku merasa frustrasi karena mencoba belajar coding sendiri lewat sumber online yang gratis atau murah. Aku akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan bootcamp web developer dan harus aku akui bahwa ini adalah perjalanan yang menakjubkan.

Practicum bootcamp telah membuka perspektif profesional baru yang tidak pernah aku bayangkan sebelumnya, sekarang aku dapat menggunakan React dan Node. js, dan dapat menyebarkan dan menerbitkan proyek MERN sendiri, berkat bagian backend yang juga termasuk dalam kurikulum.

Proses review setiap proyek pribadi dilakukan oleh para profesional industri dengan standar ekspektasi tinggi, yang mana sangat bermanfaat dan menyenangkan: aku belajar banyak selama 10 bulan itu dan tidak sabar untuk mulai menerapkan semuanya pada proyek bisnis nyata.

Namun, jika kamu ingin mengikuti kursus ini, kamu harus tahu bahwa kamu harus kerja keras dan disiplin diri selama 10 bulan, untuk itu kamu perlu membangun kebiasaan dan komitmen kerja yang kuat. Seperti yang dibilang oleh tutorku yang keren di awal kursus: salah satu sifat kunci web developer yang baik adalah… kegigihan! Setelah 10 bulan yang luar biasa itu, aku sepenuhnya mengerti mengapa… dan aku pun merasa puas secara pribadi maupun profesional.
Aisha Gaines
Web Developer, Murid
Britania Raya
Aku siswa kursus Web Developer di Practicum. Sebelumnya, aku sudah berusaha dan gagal berkali-kali dalam belajar sendiri tentang web development. Practicum telah mengubah cerita ini untukku.
Program ini menantang, realistis, dan memberikan rasa kebersamaan bagi para siswanya. Kurikulumnya didasarkan pada pekerjaan dunia nyata yang mungkin sulit ditemukan di program lain. Kamu juga tidak perlu khawatir seandainya mengalami masalah dalam memahami konsep-konsep tertentu. Ada tutor yang siap membantu kamu mempelajari konsep-konsep yang membingungkan, sambil memberikan sumber daya tambahan untuk membantumu mengatasi masalah.
Program ini membuat komunikasi dengan siswa lain terasa begitu mudah lewat Slack. Selalu ada peluang untuk tumbuh dalam program pilihanmu seperti melalui webinar, sesi pengkodean secara langsung, dan banyak lagi!
Enyel Sequeira
Web Developer, Alumnus
Tiongkok
Setelah menyelesaikan bootcamp full-stack web development, aku merasa bingung dan jelas tidak siap untuk bekerja di bidang pengembangan web. Sejak itu, aku berpikir bahwa bootcamp tidak tepat untukku, tetapi kemudian aku melihat iklan di Facebook yang mencari beta tester untuk kursus baru dari Practicum ini. Aku sempat merasa skeptis. Aku sudah tahu bagaimana cara kerja bootcamp dan bagaimana mereka hanya peduli soal uang, bukan apakah siswanya belajar atau tidak, tetapi akhirnya aku memutuskan untuk mencobanya; aku merasa tidak ada salahnya menjadi seorang beta tester. Aku memutuskan untuk mendaftar dan belajar lebih banyak dalam 2 minggu di sini daripada 2 bulan di bootcamp yang lain.

Kamu tidak hanya membaca dan diminta untuk melakukan sesuatu yang kamu tidak tahu cara melakukannya, kamu bisa mempraktikkan semua yang telah dipelajari. Selain itu, ketika kamu belajar, kamu juga diajari metodologi Agile, yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan di luar sana. Tugasnya memang bisa sulit dan menantang, tetapi kamu memiliki komunitas yang fantastis dan tutor yang selalu bersedia menjawab pertanyaanmu. Mungkin kamu akan merasa bahwa review proyek berstandar ketinggian, tetapi pada kenyataannya, code reviewer akan meninjau kodemu seperti layaknya dilakukan di perusahaan yang sebenarnya. 

Berkat Practicum, aku bisa bilang bahwa aku adalah developer yang jauh lebih baik daripada ketika aku keluar dari bootcamp lain dan berkat mereka juga, aku sekarang merasa cukup percaya diri untuk memasuki lapangan kerja.
Luke Schmidt
Web Developer, Alumnus
Amerika Serikat
Struktur kelas Practicum yang panjang dan fleksibel memberikan work-class-life balance yang tidak bisa kamu dapatkan di sebagian besar bootcamp lain, baik yang tatap muka maupun online, setidaknya berdasarkan penelitian yang telah aku lakukan. Ketika aku mengikuti kursus ini, aku bisa menjalani pekerjaan penuh waktu di sebuah perusahaan software, dan pengalamanku sejauh ini luar biasa!

Pengalaman belajarku di Practicum sangat membantuku mendapatkan pekerjaan itu. Selama wawancara, aku bisa menjawab banyak pertanyaan yang sebelumnya aku tidak tahu jawabannya. Pekerjaanku menggunakan banyak sistem, program, dan konvensi yang sama dengan Practicum dan kursus ini memberiku pengantar yang bagus untuk topik-topik ini. Aku juga dapat melakukan mock interview (dengan review terperinci, dan jawaban atas pertanyaan seputar software interview!) dengan karyawan Practicum yang memberiku banyak tips tentang apa yang harus difokuskan pada pembelajaran. 100% sepadan dengan biayanya.
Pinwei Wu
Web Developer, Alumnus
Amerika Serikat
Aku sangat suka pengalaman bekerja langsung dengan coding yang Practicum tawarkan. Meskipun aku sempat mempelajari coding sebelum memulai program ini, aku tidak pernah merasa siap untuk masuk ke lapangan kerja. Dalam program Web Developer Practicum, aku tidak hanya mempelajari keterampilan coding, tetapi juga cara kerja pengembang web. Aku sangat terkesan dengan code reviewer yang selalu bekerja keras. Struktur dan logika coding-ku meningkat setiap kali mendapatkan feedback dari mereka. Aku sekarang bisa membangun website sendiri, merasa percaya diri dan akhirnya siap. Highly recommended!

FAQ

Mengapa kalian memberikan diskon sebesar ini?
Ini adalah diskon early bird untuk murid-murid pertama kami di Indonesia. Kamu akan mendapat semua keterampilan yang kamu butuhkan dan membuat portofolio yang siap bersaing hanya dengan setengah harga kursus. Bersamaan dengan itu, juga membantu kami menjadi lebih baik dan jelas untuk murid-murid kami di Indonesia dengan memberikan timbal balik secara rutin.
Apa bisa mempelajari sebuah profesi hanya dalam 10 bulan?
Kami yakin kamu bisa! Artinya kamu akan menghabiskan rata-rata 20 jam per minggu untuk belajar: membaca teori di simulator, mengerjakan tugas, menggarap proyek, dan berdiskusi dengan tutormu.
Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti kursus ini?
Untuk mulai belajar, kamu hanya butuh kemauan dan kemampuan untuk belajar sekitar 15-20 jam per minggu.
Kapan kursusnya akan dimulai?
Kursus grup terdekat akan dimulai pada 29 September. Namun, kadang kami bisa menunda tanggal mulai kursus untuk memastikan kamu mendapat pengalaman belajar terbaik. Jangan khawatir, kami akan memberi tahu jika hal ini terjadi!
Bagaimana dan kapan aku akan belajar?
Kursus ini memiliki 3 komponen: Teori dengan praktik penguatan di simulator, tugas untuk praktik mandiri, dan penulisan kode dengan tutor. Kamu bisa belajar di simulator kapanpun kamu mau, sedangkan untuk tugas, kamu akan diberikan waktu sekitar 2 minggu
Bagaimana jika aku tidak memiliki pengalaman di bidang teknologi?
Tidak masalah. Walaupun pengalaman di programming, matematika, atau data akan berguna, kamu bisa mengikuti program kami dan belajar dari nol. Jika kamu butuh lebih banyak bantuan untuk menguasai Python atau menyelesaikan soal matematika, tim kami akan siap membantu.

Jika kamu sudah berpengalaman di industri teknologi, kamu akan lebih cepat menyerap pelajaran, tapi masih ada banyak hal yang perlu kamu pelajari. Dan ada banyak murid yang bukanlah pemula dalam bidang ini.
Apakah aku bisa mendapatkan pekerjaan setelah kursus?
Memang tidak mudah, tapi kami yakin kamu bisa. Perusahaan mencari orang yang paham cara mengerjakan proyek, bukan yang hanya memiliki skill. Kami akan mengajarkanmu mempraktikkan teori yang dipelajari. Kami berekspektasi bahwa setelah lulus, kamu akan tekun mencari dan melamar kerja, menjalani interview, serta menunjukkan kemampuan dengan menunjukan proyekmu dan melewati uji kelayakan jika diperlukan.
Oke, tapi akankah kalian membantuku mencari kerja?
Ya, kami akan membantu. Murid kami bisa mengambil kursus pencarian kerja. Pada kursus ini, tim Practicum akan membantu kamu membuat portofolio, berlatih interview yang disertai evaluasi, dan menulis cover letter.

Jika kamu memiliki pengalaman di industri teknologi, kamu akan lebih cepat menyerap pelajaran, tapi masih ada banyak hal yang perlu kamu pelajari. Dan ada banyak murid yang bukanlah pemula dalam bidang ini.
Bagaimana kalau aku tidak bisa mengikuti pelajarannya?
Selalu ada orang yang siap membantu, 24 jam per hari, 7 hari per minggu. Selain bantuan teknis, kamu juga akan mendapatkan dukungan emosional. Kamu bisa menghubungi staf atau teman belajarmu lewat Slack atau bertanya di platform kami yang aktif 24 jam per hari.
Siapa saja tutornya?
Tutor Practicum adalah web developer profesional yang berpengalaman. Mereka aktif bekerja di bidang web development, yang berarti mereka punya pengetahuan terkini. Tutor kami akan memberikan grup belajarmu bimbingan lewat video tiap minggunya dan aktif membalas chat di Slack. Para tutor juga bisa membantu kamu menyelesaikan kesulitan dalam proyek atau membuat strategi untuk pengembangan profesional dan pendidikan para murid.
Apakah ini kursus belajar mandiri?
Kursus Practicum memadukan belajar mandiri dan pelatihan dengan instruktur. Tujuan kami adalah untuk membiasakan para murid dengan lingkungan kerja di dunia nyata. Seperti bekerja di perusahaan, kamu juga akan mendapatkan deadline saat mengerjakan proyek di sini. Tidak ada kelas dengan jadwal yang wajib. Semua sesi coding dan webinar akan direkam dan bisa diakses oleh murid yang tidak bisa mengikuti kelas.
Apa bisa mempelajari sebuah profesi hanya dalam 10 bulan?
Kami yakin kamu bisa! Artinya kamu akan menghabiskan rata-rata 20 jam per minggu untuk belajar: membaca teori di simulator, mengerjakan tugas, menggarap proyek, dan berdiskusi dengan tutormu.
Apa saja yang dibutuhkan untuk mengikuti kursus ini?
Untuk mulai belajar, kamu hanya butuh kemauan dan kemampuan untuk belajar sekitar 15-20 jam per minggu.
Bagaimana dan kapan aku akan belajar?
Kursus ini memiliki 3 komponen: Teori dengan praktik penguatan di simulator, tugas untuk praktik mandiri, dan penulisan kode dengan tutor. Kamu bisa belajar di simulator kapanpun kamu mau, sedangkan untuk tugas, kamu akan diberikan waktu sekitar 2 minggu
Kapan kursusnya akan dimulai?
Kursus grup terdekat akan dimulai pada 29 September. Namun, kadang kami bisa menunda tanggal mulai kursus untuk memastikan kamu mendapat pengalaman belajar terbaik. Jangan khawatir, kami akan memberi tahu jika hal ini terjadi!
Bagaimana jika aku tidak memiliki pengalaman di bidang teknologi?
Tidak masalah. Walaupun pengalaman di programming, matematika, atau data akan berguna, kamu bisa mengikuti program kami dan belajar dari nol. Jika kamu butuh lebih banyak bantuan untuk menguasai Python atau menyelesaikan soal matematika, tim kami akan siap membantu.

Jika kamu sudah berpengalaman di industri teknologi, kamu akan lebih cepat menyerap pelajaran, tapi masih ada banyak hal yang perlu kamu pelajari. Dan ada banyak murid yang bukanlah pemula dalam bidang ini.
Apakah aku bisa mendapatkan pekerjaan setelah kursus?
Memang tidak mudah, tapi kami yakin kamu bisa. Perusahaan mencari orang yang paham cara mengerjakan proyek, bukan yang hanya memiliki skill. Kami akan mengajarkanmu mempraktikkan teori yang dipelajari. Kami berekspektasi bahwa setelah lulus, kamu akan tekun mencari dan melamar kerja, menjalani interview, serta menunjukkan kemampuan dengan menunjukan proyekmu dan melewati uji kelayakan jika diperlukan.
Oke, tapi akankah kalian membantuku mencari kerja?
Ya, kami akan membantu. Murid kami bisa mengambil kursus pencarian kerja. Pada kursus ini, tim Practicum akan membantu kamu membuat portofolio, berlatih interview yang disertai evaluasi, dan menulis cover letter.

Jika kamu memiliki pengalaman di industri teknologi, kamu akan lebih cepat menyerap pelajaran, tapi masih ada banyak hal yang perlu kamu pelajari. Dan ada banyak murid yang bukanlah pemula dalam bidang ini.
Bagaimana kalau aku tidak bisa mengikuti pelajarannya?
Selalu ada orang yang siap membantu, 24 jam per hari, 7 hari per minggu. Selain bantuan teknis, kamu juga akan mendapatkan dukungan emosional. Kamu bisa menghubungi staf atau teman belajarmu lewat Slack atau bertanya di platform kami yang aktif 24 jam per hari.
Siapa saja tutornya?
Tutor Practicum adalah web developer profesional yang berpengalaman. Mereka aktif bekerja di bidang web development, yang berarti mereka punya pengetahuan terkini. Tutor kami akan memberikan grup belajarmu bimbingan lewat video tiap minggunya dan aktif membalas chat di Slack. Para tutor juga bisa membantu kamu menyelesaikan kesulitan dalam proyek atau membuat strategi untuk pengembangan profesional dan pendidikan para murid.
Apakah ini kursus belajar mandiri?
Kursus Practicum memadukan belajar mandiri dan pelatihan dengan instruktur. Tujuan kami adalah untuk membiasakan para murid dengan lingkungan kerja di dunia nyata. Seperti bekerja di perusahaan, kamu juga akan mendapatkan deadline saat mengerjakan proyek di sini. Tidak ada kelas dengan jadwal yang wajib. Semua sesi coding dan webinar akan direkam dan bisa diakses oleh murid yang tidak bisa mengikuti kelas.
Panggilan terakhir!

Gabung dengan kursus Web Developer sampai 29 September & dapatkan diskon 50%

h.
j.
m.